Saturday, April 20, 2013

Pengalaman Saya Tentang Custom Rom Pada HP Android


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLF9KQ3Tn4E1BPtsH0se7f5OLKCWyEg5W-qRTm-RBdygnjwBdLamcym2V_BS0R45zgD68jn9Fq-cslmhdeTA1GWs8uF4rkNbMlXiuf956D2uJl5yyztTp-sCvFOpufRK7dgUuic1G7PYg/s1600/pengalaman+saya+tentang+custom+rom+pada+hp+android.jpg
Sebelumnya mohon baca tentang apa itu custom rom disini.
Nah curhat ady kali ini tentang custom rom pada HP galaxy young duos GT-S6102 yang sudah di custom rom gingericejelly. 
Kemarin (2 abad yang lalu hehee) ane browsing di internet tentang fitur-fitur kelebihan system android. Tak sengaja ane melihat artikel di web tersebut yang berkaitan tentang custom rom dan setelah ane membaca artikel itu ane tertarik dan ingin mempelajarinya lebih dalam lagi. Yang pastinya akan menjadikan hp ane sebagai kelinci percobaan. 

Begitu banyak tampilan-tampilan keren dari custom rom ini dan beberapa tampilan berhasil ane praktekkan seperti "custom rom xduos" dan selain tampilan itu juga tersedia "gingericejelly" dan masih banyak lagi custom rom yang lainnya. Ane rasa cukup mempelajarinya n lumayan membanggakan dari custom rom ini. Dan setelah ane pelajari dan merestore kembali system android ane dengan CWM sesuatu kerusakan terjadi dan inilah yang paling ane benci. Berikut beberapa kerusakan setelah custom rom pada hp ane samsung galaxy young duos GT-S6102 :
  1. Saat Boot muncul gambar aneh dan tulisan aneh dan itu berlangsung selama 3 detik
  2. Pengaturan 'pencerahan' pada setting android 'hang'. dalam artian hang disini saat menurunkan kapasitas pencerahan dan saat layar terkunci kapasitas pencerahan kembali tinggi dan begitu seterusnya. Ini sangat menjengkelkan sekali.
  3. Dan yang lebih aneh lagi saat volume diturunkan tapi suara yang terdengar malah bertinggi dan begitu sebaliknya. (Tapi alhamdulillah kejadian ini hanya sementara). 
Ternyata bukan itu saja kerusakan yang terjadi jika kegagalan pada custom rom. Beberapa artikel dan korban custom rom yang ane temukan di komentar beberapa web mengalami kerusakan yang cukup merugikan sekali dan bisa dibilang kerusakan fatal. Berikut beberapa kerusakan tersebut:
  1. Boot Loop.
  2. White Screen.
  3. Kehilangan Data (jika tidak di backup)
  4. File di sd card hilang (smua terhapus/terformat)
  5. Dan yang pasti jika kegagalan tersebut anda akan repot untuk memperbaikinya lagi. (bukannya HH akan lebih optimal malah tambah rusak).
Apa yang agan semua lakukan jika itu terjadi pada smartphone android agan???
Mungkin setelah membaca ini agan membatalkan niat untuk melakukan custom rom tersebut.
Tapi ane ingin memberikan tips sedikit buat agan yang masih tetap kekeh ingin merasakan custom rom yang membuat hp agan 100% berubah. Berikut tipsnya:
  1. Baca basmalah (untuk muslim) sebelum mempraktekkannya
  2. Jika ragu-ragu sebaiknya jangan melakukan custom rom ini.
  3. Cari artikel tentang custom rom yang di publish oleh web itu sendiri. Maksudnya bukan artikel copy-an. (saya sarankan untuk lihat tutorial custom rom di 'forum xda' karena disitulah artikel asli custom rom yang ane temukan dan silahkan terjemahkan sendiri)
  4. Sebelum custom rom hal yang HARUS dilakukan adalah mem-backup data anda dengan 'CWM' (cari di google jangan maunya enak sendiri +(-_-)+)
  5. Pasti sd card akan digunakan untuk custom rom. Nah sebaiknya pakai sd card yang lain atau sd card kosong (kalau bisa beli baru lagi kalau dompet tebel hhehee) tujuan ini agar data asli di sd card tidak hilang atau terformat.
  6. Kalau tidak mau repot custom rom kan aja pada temen yang sudah berpengalaman tentang hal ini.
  7. dan tips yang terakhir adalah Kalau memank banyak duit beli hp atu lagi aja buat kelinci percobaannya. ^_^

Mungkin sampai sini dulu yah curhat dari ady. soalnya jari-jari ady capek banget alias pegel ngetiknya heheee. Salam blogger n salam para androiders !!!


0 comments:

Post a Comment