Saturday, March 9, 2013

7 Langkah Agar Baterai Android Tetap Awet


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_-HCcJRqXMbRY_mLvQ9WyMZ6AFkcwZ8g3aEEYrDkBKhpIh7JcsRFa7eLQr7-0RK4lEszcCh-8p5_UhlvTzG7_NB280otkeDIvALtk9HBYTXVecTef3iWltdjzFv19exGATAQH4w8EcZY/s1600/7+Langkah+Agar+Baterai+Android+Tetap+Awet.jpg
7 Langkah Agar Baterai Android Tetap Awet


Baterai adalah sumber energi. Jika tidak ada sumber energi maka tidak akan bisa digunakan. Begitu pula dengan smartphone yang satu ini. Android merupakan Os Hp yang awal tahun 2013 mulai menunjukkan batang hidungnya sebagai smartphone berbasis android yang sudah mengalahkan pesaingnya dipasaran yakni Blackberry. 
Tahukah anda bahwa harga baterai BB lebih mahal dari baterai samsung yang berbasis android. Bicara kualitas tentu android lah ahlinya yang didukung oleh beberapa aplikasi yang sudah diciptkan khusus untuk pengguna android. 
    Tapi, ada satu hal yang kita ketahui walaupun didukung aplikasi yang super canggih tapi pemakaiannya yang sering saya sebut sebagai pemakaian yang 'semberono/abal-abal'  tetap bakalan tidak awet baterai tersebut. Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan trik bagaimana cara agar baterai android tetap awet dan tahan lama. Berikut Reviewnya : 
  1. TUNGGU SAAT BATERAI TERISI PENUH = Saat Anda melakukan pengisian daya ponsel. Jangan sekali-kali pengisian dilakukan dalam keadaan device terpakai/digunakan. Lakukan pengisian dengan bijak dan tunggu sampai baterai benar-benar penuh terisi (100%). Hal ini sangat penting, karena saat melakukan pengisian, baterai device Anda akan menyerap panas dari aliran listrik sehingga baterai Anda akan terasa panas. Jika Anda menggunakan device Anda sambil pengisian, panas yang diterima baterai Anda akan berlipat ganda. Dan ini tidak baik untuk performa baterai Anda.
  2. ATUR SUHU RUANGAN = Suhu antara 0 sampai 45 derajat adalah cocok untuk kondisi pengisian baterai Anda. Lebih dan kurang dari itu akan membahayakan kesehatan baterai Anda. Simpan device Anda jauh-jauh dari pancaran langsung sinar matahari dan sumber panas lainnya.
  3. BATTERY FREE = Hal ini berhubungan dengan dua langkah di atas. Ketika Anda melakukan pengisian, sebaiknya Anda membuka cap baterai Anda. Biarkan terbuka sampai baterai penuh. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan suhu pada baterai Anda. Ketika Anda tidak membuka cap baterai Anda, panas yang dikeluarkan oleh baterai akan terakumulasi di dalam dan tak dapat keluar. Ini membahayakan baterai handphone Anda.
  4. PERHATIKAN DURASI PENGISIAN = Durasi pengisian perlu Anda perhatikan untuk menjaga keutuhan baterai Anda. Contoh, pada saat Anda pertama kali melakukan pengisian, Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk baterai sampai penuh. Untuk pengisian berikutnya dan seterusnya, usahakan pengisian tidak lebih dari 4 jam. Ini bertujuan agar baterai Anda tidak overloaded. Ini sangat penting untuk diperhatikan karena kesalahan dalam langkah ini dapat mengurangi durasi device Anda untuk bekerja. Ada beberapa indikator di mana Anda dapat memantau kesehatan baterai Anda. Pertama, perhatikan durasi pengisian. Ketika suatu saat durasi pengisian Anda lebih cepat dari biasanya, Anda patut waspada akan kebocoran pada baterai Anda. Kedua, perhatikan durasi kinerja device Anda. Device Anda akan lebih cepat mati dari biasanya ketika Anda salah dalam melakukan pengisian. Beberapa kasus yang parah adalah ketika baterai Anda akan terisi penuh sangat cepat. Jangan senang dulu, yang biasanya terisi penuh sampai 4 jam, dalam 1 jam sudah terisi penuh. Kemudian matinya device yang sangat cepat. Baterai yang sudah rusak parah hanya akan hidup kurang dari 1 jam, padahal biasanya dapat hidup lebih dari 11 jam.
  5. JANGAN LAKUKAN PENGISIAN SAAT ANDA TIDUR = Hal ini akan mengakibatkan resiko overclock recharging lebih besar. Karena Anda tak bisa memantau seberapa lama Anda telah melakukan pengisian ketika Anda sedang tidur. Kecuali waktu tidur Anda lebih singkat dari durasi pengisian baterai atau Anda dapat terbangun tepat ketika baterai Anda telah terisi penuh.
  6. LAKUKAN PENGISIAN HANYA PADA SAAT PALING KRITIS = Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan baterai mencapai performa maksimumnya. Jika Anda melakukan pengisian sebelum waktu nya. Baterai Anda akan terbiasa bekerja dengan singkat dan ini dapat mempengaruhi performa baterai ke depannya.
  7. PLUG-IN OR BATTERIES ON = Pilihlah salah satu, jangan keduanya. Hal ini perlu diperhatikan untuk large device seperti laptop atau tablet. Jangan menggunakan baterai dan pengisian secara bersamaan. Karena hal yang Anda lakukan adalah sia-sisa dan hanya akan merusak baterai Anda. Copotlah baterai Anda dan gunakan hanya plug-in dari listrik untuk menggunakan device. Dari pada uang dihabisin beli baterai baru,lebih baik sedia payung sebelum hujan
Mudahan dengan tips dan trik diatas membantu dalam merawat baterai hp android anda.
Sekian. Selamat Mencoba !

0 comments:

Post a Comment