Monday, March 11, 2013

Tips Menghemat Baterai Tablet Android supaya Awet dan Tahan Lama


Perangkat Android memang sudah menjadi trend baru abad ini, namun dibalik popularitasnya yang luar biasa tersebut menyimpan banyak rahasia seputar perangkat Android. Salah satunya adalah banyaknya pengguna perangkat Android yang mengeluhkan akan kinerja baterainya yang sering cepat habis terutama untuk perangkat jenis Tablet.
Tips Menghemat Baterai Tablet Android supaya Awet dan Tahan Lama
Banyaknya fitur-fitur menarik yang disokong oleh operating system yang dikembangkan Google tersebut memang menjadi salah satunya kendati beberapa tablet Android terbaru yang dirilis akhir-akhir ini mengusung baterai kapasitas besar yang diklaim mampu bertahan hingga berjam-jam. Namun kejelihan anda menyiasati hal-hal berikut ini bisa mengurangi kinerja perangkat Android sehingga kemampuan baterainya pun lebih awet dan tahan lama.

Berikut ada beberapa Tips Mengehmat Baterai Tablet Android agar awet dan tahan lama :

Kurangi Kecerahan Layar
Kecerahan layar membutuhkan konsumsi baterau yang cukup tinggi, cara mengehmat baterai salah satunya adalah dengan mengurangi kecerahan layarnya. Pergi ke Brightness> Pengaturan> Tampilan dan atur ke tingkat kecerahan layar paling rendah.

Aktifkan layar latar belakang atau Screen Timeout Hitam
Layar background hitam pekat akan mengurangi sedikit daya baterai yang di konsumsi oleh tablet. Bisa dengan pergi ke Settings>>Display>>Screen Timeout, atau sesuai menu yang tertera pada tablet masing-masing.

Matikan WiFi jika tidak digunakan
Ketika fitur WiFi dalam kondisi berjalan mengkonsumsi baterai yang lebih besar, untuk itu matikanlah WiFi jika sedang tidak digunakan.

Matikan Bluetooth jika tidak digunakan
Sensor Bluetooth juga membutuhkan energi yang cukup banyak. Beberapa ponsel bahkan tidak bisa melakukan proses pemindahan file lewat Bluetooth ketika baterai nya dalam kondisi lemah. Untuk itu, matikanlah bluetooth jika tidak sedang dipakai.

Matikan GPS jika tidak digunakan
Hidupkan GPS hanya ketika diperlukan saja, fitur ini cukup banyak memakan daya dengan terus berusaha terkoneksi dengan satelit jika diaktifkan.

Hindari Menggunakan Latar Belakang Animasi atau Live Wallpaper
Latar belakang animasi menggunakan CPU dan chip grafis. Ketika sedang berjalan, maka membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Hindari menggunakan live wallpaper seperti animasi dan 3D, gunakan wallpaper hitam saja.

Tips Menghemat Baterai Tablet Android supaya Awet dan Tahan Lama
Hindari Sikronisasi yang tidak perlu
Beberapa pencarian aplikasi dengan kontak teratur tetap dengan sistem lain melalui Internet. Misalnya, untuk mengirim pesan untuk mendownload atau mengirim. Setiap kali sinkronisasi terjadi, Internet mengkonsumsi daya baterai yang lebih banyak.

Matikan koneksi internet ketika tidak digunakan
Ketika mengakses data dari internet perangkat akan lebih mengkonsumsi daya baterai yang cukup banyak, untuk itu ketika sedang tidak digunakan, alangkah baiknya jika menonaktifkan fitur ini.

Gunakan fitur laporan Baterai pada Android
Perangkat Android memiliki fitur yang memudahkan penggunanya mengetahui penggunaan baterai yang sudah dikonsumsi. Pergi ke Settings> Device Info> Battery use.

Demikian beberapa Tips Menghemat Baterai Tablet Android supaya Awet dan Tahan Lama.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment