Monday, February 25, 2013

Ponsel dengan OS Firefox, ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire


Mozilla memperkenalkan dua ponsel perdana yang mengusung sistem operasi Firefox di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona. Adalah produsen ZTE dan Alcatel yang menjadi salah satu vendor pertama yang mencoba sistem operasi rubah api besutan Mozilla tersebut.

Ponsel dengan OS Firefox
Keduanya hadir dengan nama ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire, sebuah ponsel yang datang dari segmen kelas bawah dimana keduanya mengusung ukuran layar yang sama yaitu 3,5 inci dengan resolusi minim. Spesifikasi yang dibenamkan di ponsel dengan operating system perdana Firefox tersebut memang tidak begitu mencolok, memori internal masih terbatas namun bisa di ekspansi dengan memori eksternal microSD.

Pada pertengahan Januari lalu memang sudah beredar tentang akan dirilisnya sistem operasi Firefox sebagai pesaing dari Android. Jika OS Android sudah hadir di beberapa smartphone kelas atas, berbeda dengan Firefox yang masih mengenai segmen ponsel kelas bawah saja. Mungkin ini masih menjadi sebuah usaha percobaan dan dalam tahap pengembangan akan kinerja sistem operasi rubah api tersebut.

Saat ini Mozilla, yang juga pemilik dari salah satu browser termashur di dunia juga sedang sibuk mencari dukungan dari berbagai pihak mulai dari produsen ponsel, operator seluler, sampai perusahaan game dan internet agar di izinkan untuk menjajal kemampuan dari OS Firefox.

Di Indonesia sendiri, Mozilla sempat mengadakan acara pengenalan dari sistem operasi rubah api tersebut kepada beberapa developer aplikasi. Pada kesempatan itu, Mozilla sempat bersosialisasi mengenai alat dan bahasa pemrograman yang diperlukan untuk menunjang sistem operasi Firefox.yaitu HTML5 dan JavaScript.

Kita lihat saja seperti apa sepak terjang dari OS Firefox. Akankah mampu menjadi pesaing dari Android?

Baca Juga : Blackberry harus secepatnya Pakai OS Android


0 comments:

Post a Comment