Friday, February 22, 2013

Wozniak : Blackberry harus secepatnya Pakai OS Android?


Blackberry Pakai Android?
Kabar mengejutkan beredar bahwa Blackberry kemungkinan besar akan memakai OS Android sebagai operating system perangkat handset nya. Meskipun masih isu namun memiliki dasar alasan yang cukup kuat. Blackberry memang pernah berjaya beberapa tahun lalu, namun seiring berkembangnya ponsel pendatang seperti Android Phone popularitasnya kian tersisih, apalagi peluncuran begitu banyak ponsel Android yang semakin membuat konsumen penasaran untuk memboyongnya ke tangan. Di sisi lain, konsumen Blackberry justru harus menunggu perilisan ponsel terbarunya yang baru saja di luncurkan akhir-akhir ini.

Kendati Blackberry 10 sudah meluncur yang juga akan hadir dengan operating system terbaru OS Blackberry 10 namun belum cukup memberikan sinyal tentang bakal boomingnya smartphone baru Blackberry besutan RIM tersebut. Terlebih lagi yang laku di pasaran justru model Blackberry di kelas Low-End dan segmen High-End masih belum ada tanda-tanda akan tercapainya sebuah titik sukses padahal pada awalnya perangkat besutan RIM ini diyakini bakal menjadi trend kalangan High-End. Namun fakta yang terjadi adalah masih tingginya dominasi dari ponsel Android.

Kabar tersebut diperkuat oleh rumor yang beredar mengenai pendapat dari salah satu founder Apple yaitu Steve Wozniak. Meskipun ia bekerja untuk Apple namun ia terkenal netral dalam berpendapat. Ia berpendapat bahwa masa depan blackberry sangat dipertaruhkan sebab apabila mereka tidak segera membesut dalamannya dengan OS Android maka kemungkinan akan ketinggalan sangat jauh di pasar gadget.

Pendapat tersebut di ambil dari sebuah artikel di Street Insider. Menurut Wozniak, jika Blackberry ingin mengimbangi pasar gadget maka solusinya adalah berpindah ke sistem operasi besutan Google, Android. Jika tidak maka akan sangat sulit bersaing melawan ganasnya sepak terjang Android.

Di Blackberry terbarunya yang mengusung OS Blackberry 10 memang sudah didukung beberapa aplikasi Android pilihan. Apakah ini merupakan sinyal bahwa Blackberry bakal pindah ke OS Android. Mungkin bakal sangat hebat apabila performa Blackberry dan Android digabung. Gimana menurut teman-teman?

0 comments:

Post a Comment